Trik menata Ruang Tidur yang Sempit

by Unknown , at 00:29 , have 0 comments

Akhir-akhir ini, selain kabar persidangan Jessica Kumala Wongso, publik juga sempat dihebohkan dengan beredarnya foto ruang tahanan yang dihuni oleh Jessica Kumala Wongso. Kabar dari sejumlah sumber yang berhasil dihimpun menyebut bahwa sel tahanan yang lazimnya 'menyedihkan', ternyata berbeda 180 derajat dengan kondisi sel tahanan Jessica.

Sejumlah sumber menyebutkan bahwa sel tahanan tersebut selain ber-AC, bersih, nyaman, serta dilengkapi televisi dan sofa empuk. Hal ini mungkin akan mengingatkan Anda pada berita serupa yang beredar beberapa tahun lalu, yang juga pernah menimpa mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah.

Akan tetapi, kabar mengenai mewahnya sel tahanan Jessica ini langsung dibantah keras pihak Polda Metro Jaya. Menurut pihak kepolisian, foto yang beredar bukanlah sel penjara melainkan ruang psikologi yang diperuntukkan bagi seluruh tahanan.

Kumpulan foto yang memang tak dapat dibuktikan kebenarannya itu memang sempat menimbulkan beragam komentar dari masyarakat. Beberapa dari mereka bahkan meluncurkan pujian, “Bagusan sel tahanan Jessica ketimbang kamar tidur saya di rumah”.

Apakah Anda juga akan berpendapat demikian? Jika ya, mungkin kini sudah seharusnya Anda mulai mengubah tatanan kamar tidur di rumah Anda yang luasnya mungkin juga terbatas.

Memang tak dapat dipungkiri, kamar tidur ukuran terbatas seperti 3×2 meter kerap membatasi kreatifitas dan ide seseorang saat melakukan dekorasi. Kekhawatiran terbesar biasanya adalah salah penataan yang bakal membuatnya semakin terlihat sempit lagi.



Tim redaksi dari Rumah.com, Arsitek Arades Living, Astrid Hapsari Raharjo menjelaskan bahwa aturan pertama yang harus dilakukan adalah jangan memakai plafon yang terlalu tinggi.

Untuk kamar tidur sempit maksimal tinggi plafon yang dianjurkan hanya sekitar 2,7 meter. Ukuran ini dirasa lebih baik dan ideal,” demikian penjelasannya.

Selain mengenai tinggi plafon, masalah lain yang harus diatasi yaitu tata letak furnitur di kamar tidur. Ada baiknya bila Anda tidak menempatkan terlalu banyak barang di sana agar dapat menghindari kesan terlalu sumpek.

Bisa pakai dipan yang sudah include rak (drawer) di bagian bawahnya, sehingga lorong kasur tetap bisa berfungsi sebagai area penyimpanan selimut maupun bedcover,” kata desainer interior, Avila Hillary Sholeh.

Tidak hanya persoalan tempat tidur, ketika membeli sebuah perabot atau furnitur untuk kamar ada baiknya di usahakan yang memiliki sifat multifungsi. Sebagai contoh, rak buku bukan hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan buku saja tetapi juga bisa 'disulap' sebagai meja rias.

Atau laci baju Anda yang tadinya hanya untuk menyimpan pakaian, kini bisa dimanfaatkan sebagai tempat meletakkan lampu tidur. Intinya, pandailah memanfaatkan ruang kosong ekstra yang ada namun jangan berlebihan,” tambahnya.

Dalam hal menata furnitur, saran Avila, arahkan agar membentuk garis vertikal (keatas). Ada baiknya agar dapat mengusahakan agar rak penyimpanan selalu ditempelkan ke dinding.

Hal lain yang umum diketahui banyak orang yaitu pencahayaan yang baik merupakan kunci untuk membuat ruangan sempit terlihat lebih luas. Dan ini pun sangat berlaku bagi kamar tidur.

Agar dapat selalu memastikan pencahayaan di kamar tidur Anda terlihat cerah, maka selain dari jendela, Anda juga bisa menambahkan ornamen lampu dengan berbagai model dan ketinggian sesuai selera masing-masing.

Hal lain sebagai tambahan info yaitu kamar tidur sempit pun layak tampil menawan dengan permainan warna di dalamnya. Ya, asalkan jangan mencampur banyak warna mencolok demi menjauhkan visualisasi buruk.

Paduannya seperti warna putih mengkilap pada furnitur dan warna krem untuk dinding. Kalau mau pasang wallpaper boleh saja, tetapi usahakan cirak yang sesederhana mungkin,” tandas Avila.

sumber: postshare
foto: woohome.com
Trik menata Ruang Tidur yang Sempit
Trik menata Ruang Tidur yang Sempit - written by Unknown , published at 00:29, categorized as Gaya Hidup . And have 0 comments
Next Older Post
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 Ada Masa
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger